Suka Kopi dan Suka Investasi, Kopi Blockchain Jawabannya


Hai sahabat mamami...

Boleh tahu apakah kalian sudah memiliki investasi? 

#SambilSeruputKopi

Sebetulnya investasi sendiri telah mengalami pergeseran makna. Dari definisi awalnya yang secara etimologis menjaga nilai kekayaan menjadi usaha untuk meningkatkan nilai kekayaan. Tapi itu tidak menjadi masalah karena keduanya mengandung arti yang bagus.

Kembali ke pertanyaanku di awal, apakah kalian mempunyai investasi? Aku acungkan jempol jika jawabannya "iya". Buat teman-teman yang sudah terjun dalam dunia investasi pastinya pernah dengar istilah bitcoin. Bitcoin ini naik daun dalam 3 tahun terakhir dan membuat para investor terperangah. Bagaimana tidak fluktuasinya sangat aktif dan sempat mencapai puncak di akhir tahun 2017 dengan nilai 1 bitcoin setara lebih dari USD 19.400 padahal di tahun 2010 nilainya hanya setara USD 0,06.

Bitcoin ini merupakan sebuah cryptocurrency atau mata uang virtual dimana sistem pencatatan transaksinya secara digital disebut blockchain. Nah, bagi yang terbiasa berkutat dengan ekspor-impor pasti dapat langsung memahami kelebihan yang ditawarkan blockchain. Dengan sistem blockchain, transaksi kita akan diolah sangat transparan dan tidak perlu melibatkan bank sebagai perantara pembayaran di dalam proses transaksi.


Dengan sistem transaksi konvensional yang masih banyak digunakan saat ini, peran bank sangat berpengaruh sebagai penengah dan tentunya ada biaya yang harus dikeluarkan untuk jasa bank yang tidak kecil. Belum lagi perlunya dokumen-dokumen yang disajikan ke bank tergantung dalam kesepakatan awal bertransaksi, dan itu ribet. Sebagai contoh transaksi konvensional yakni LC atau Letter of Credit.

Kali ini mamami mau membagikan informasi penting yang sangat mengagumkan dan perlu diapresiasi.  Anak bangsa sudah ada yang meluncurkan cryptocurrency dalam teknologi blockchain yang mana uang virtualnya dinamakan KOPI.

#LanjutSeruputKopi

KOPI adalah produk besutan PT. Cyber Persada Nusantara. 

Tunggu-tunggu... Kok KOPI adalah produk besutan sebuah perusahaan digital, bukannya komoditas pertanian yang kemudian bisa dibuat minuman enak seperti yang dijual Bencoolen Coffee yang beralamat di jl. Salemba Raya?

Dua-duanya betul. Jika teman-teman memiliki KOPI, itu artinya kalian sudah memiliki KOPI sebagai mata uang virtual dan juga bisa berarti memiliki bijih kopi sebagai komoditas hasil pertanian yang selanjutnya bisa diolah seenak minuman yang dijual Bencoolen Coffee. 1 KOPI dapat ditukar dengan 1 kg kopi fine robusta Bengkulu yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.


Analoginya kita bisa mengingat kembali ke zaman peradaban lama, yakni suku Maya di Amerika yang mana disebutkan bahwa dulu mereka mempergunakan cokelat sebagai alat tukar. Kesamaannya di teknologi blockchain kita mempergunakan KOPI sebagai alat tukar dalam bertransaksi. Bedanya, cokelat di zaman suku Maya yang masih dalam bentuk kokoa digunakan dalam bertransaksi langsung untuk ditukarkan dengan barang yang diinginkan, sementara KOPI digunakan dalam transaksi berbasis teknologi blokchain bukanlah dalam bentuk bijih kopi melainkan pengejawantahan nilai 1 kg kopi.

Nilai KOPI bisa naik melebihi nilai jual 1 kg kopi di pasar komoditas apabila kepercayaan pasar pengguna teknologi blockchain terhadap cryptocurrency atau uang virtual ini mengalami kenaikan. PT. Cyber Persada Nusantara sendiri sebagai pengusungnya menerbitkan KOPI dengan harga dibawah harga pasar 1 kg kopi, padahal seperti yang aku jelaskan pada paragraf sebelumnya jika kita memiliki 1 KOPI itu dapat ditukar dengan 1 kg kopi. Jadi, buat para pecinta kopi, pebisnis kopi, eksportir kopi, atau bahkan importir kopi di belahan dunia sana tidak ada ruginya kalian membeli atau berinvestasi KOPI karena saat ini dengan bertransaksi menggunakan kopi blockchain maka transaksi kalian pasti menguntungkan, lebih murah daripada bertransaksi kopi secara konvensional. Namun harapannya harga KOPI dapat melejit naik.

KOPI ini adalah sebuah konsep yang bagus dalam mendongkrak pasar komoditas kopi, terlebih Indonesia adalah negara penghasil kopi terbesar ke-4 di dunia. Apabila pertumbuhan mata uang virtual KOPI menunjukan tren yang bagus, teknologi ini tentu akan menaikan kesejahteraan para petani kopi. Makanya kita perlu mendorong tumbuhnya pergerakan nilai kopi blockchain.


sumber: https://cms.kopi.digital/

Selain para investor, yang dapat menaikan nilai KOPI adalah pebisnis kopi. Kenaikan nilai KOPI yang didongkrak oleh pebisnis kopi itu akan menandakan bahwa permintaan kopi di pasaran mengalami peningkatan, tentunya ini merupakan hal yang menggembirakan bagi para petani kopi. Lumrahnya, permintaan kopi yang meningkat mengindikasi bahwa produk komoditas pertanian ini laku terjual dan berpindah dari petani selaku produsen ke tangan konsumen.

Akan sangat menguntungkan jika kita berinvestasi KOPI, membelinya pada saat ini atau memiliki kopi blockchain sebagai portofolio kemudian di waktu mendatang terjadi kondisi kenaikan harga kopi di pasaran. Maka kita dapat menukarkan KOPI menjadi komoditas kopi sehingga memperoleh keuntungan jika menjualnya di pasar komoditas konvensional. Hal tersebut besar kemungkinan untuk terjadi mengingat "tren ngopi" sedang menjadi budaya dibuktikan dengan meningkatnya jumlah kafe. Mudah sekali untuk menemukan kafe baik di pertokoan sepanjang jalan, pusat perbelanjaan, maupun area umum lainnya semisal di sekolahan, perkantoran, bandara, stasiun, bahkan di rumah sakit sekalipun.

tren ngopi

Kopi blockchain dapat berperan sebagai penyeimbang harga komoditas kopi. Apabila terjadi penurunan harga komoditas kopi di pasaran, KOPI harus berusaha menaikan tingkat kepercayaan investor untuk mempergunakannya dalam transaksi berbasis teknologi blockchain karena dengan stabilnya nilai KOPI akan menstimulus harga komoditas kopi di pasarnya. Selain itu PT. Cyber Persada Nusantara juga mengatur pada skema rantai pasok serta membuat periode penjadwalan distribusi kopi sebagai usaha menjaga keseimbangan harga.

Dimana sih kita bisa mendapatkan kopi blockchain? Ibarat pasarnya, kita bisa mendapatkan kopi blockchain dalam platform Waves DEX. Dalam beberapa waktu ke depan kita juga akan bisa mendapatkannya di pasar teknologi blockchain  yang lebih familier yakni platform ERC20.

Caranya bagaimana? Pertama tentu teman-teman harus membuka akun di pasar yang dipilih alias platform yang digunakan. Kemudian teman-teman dapat mengonversikan nilai mata uang direkening kalian ke dalam uang virtual yang akan digunakan dalam bertransaksi dengan teknologi blockchain. Selanjutnya silakan bertransaksi. Tidak perlu khawatir karena likuiditas cryptocurrency terbilang mudah.

Selain kopi blockchain, PT. Cyber Persada Nusantara juga menawarkan penjualan komoditas kopi secara daring melalui laman mereka https://trade.kopi.digital/
dengan 4 pilihan kopi berkualitas.




Selamat berinvestasi dan menikmati kopi.

#kopiblockchain #blogcompetition

Penjelasan lengkap mengenai kopi blockchain atau komoditas kopi berbasis teknologi blockchain dapat diunduh pada link berikut:




0 Comments