PAUD Sebagai Sarana Menumbuhkan Kegemaran Anak Bersosialisasi

Ilustrasi anak bermain mainan (Source: pexels)

Daya cipta dan kreasi manusia memang luar biasa. Sekarang banyak hal dapat dilakukan dalam satu genggaman tangan. Teknologi melejit drastis secara eksponensial dalam kurun 25 tahun belakang. 25 tahun yang lalu siapa yang kira bahwa saat ini dengan mudah orang dapat bertatap muka secara real time walau berada di beda kota, beda pulau, bahkan beda benua. Bayangkan, kira-kira 25 tahun lagi banyak keajaiban apalagi yang akan disuguhkan teknologi ya? 

25 tahun kedepan kita para orang tua muda era sekarang akan mulai menjajaki usia non-produktif. Tampuk produktivitas, kemajuan, dan kepemimpinan akan beralih ke anak-anak para kesayangan kita hari ini. Sebagai orangtua kita bertanggung jawab mempersiapkannya; mental mereka, bakat dan kreativitas mereka, pendidikan dan attitude mereka. Usaha kita hari ini dalam mendidik si kecil adalah bekal agar dapat tersenyum bangga menatap para kesayangan itu di 25 tahun mendatang.

Kita perlu memperhatikan pendidikan bagi anak sedari dini. Pendidikan anak usia dini saat ini tersuguhkan tidak hanya TK (taman kanak-kanak) namun juga ada playgroup untuk usia dibawahnya, bahkan pre-school bagi para batita. Kita harus bersyukur dan mengapresiasi terhadap peran sekolah-sekolah yang menyajikan pendidikan anak usia dini. Pemilihan sekolah yang tepat untuk pendidikan anak usia dini ini sangat penting agar kita bisa mencapai tujuan yang kita harapkan saat menitipkan anak di sekolah tersebut. Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan dalam pemilihan, diantaranya:

Lokasi dan Lingkungan yang Tepat

Terutama bagi yang kedua orang tuanya bekerja, meninjau lokasi itu penting. Akan sangat memudahkan jika lokasi sekolah PAUD anak dekat dari rumah atau kantor salah satu orangtua. Dekat rumah akan memudahkan dalam mengantar dan menjemput anak. Dekat kantor akan memudahkan jika kita tiba-tiba harus meninjau anak di sekolahnya. Beruntung sekali jika lokasinya dekat rumah dan dekat kantor.

Disamping lokasi, lingkungan sekitar PAUD juga penting sekali. Bagaimana keamanan daerah sekitar sekolah tersebut? Apakah lingkungan sekitar situ berdebu atau sangat berpolusi? Apakah mudah akses kendaraan melewatinya? Itu semua penting. Pilihan yang tepat jika kita menemukan sekolah dengan kriteria lingkungan yang baik.

Visi Misi Sekolah

Setelah dilihat dan dirasa dari luar, bahwa sekolah tersebut tepat untuk menitipkan kesayangan kita, selanjutnya kita perlu meninjau visi misi sekolah tersebut apakah sejalan dengan target kita dalam mendidik si kecil. Aku pribadi yang saat ini menitipkan si kecil di pre-school bagi batita, lebih memilih sekolah yang mengedepankan pembelajaran agama  dan pendidikan sikap.
Mengenal ibadah shalat
Karena menurutku untuk batita yang masih dalam golden age ini lah saat yang tepat dalam pembentukan karakater. Aku ingin puteraku nantinya menjadi pribadi yang santun, cakap, dan mudah dalam bergaul yang juga beriman dan percaya kebesaran Allah dalam hidupnya. Disamping juga tentu aku ingin kreativitas dan bakatnya mulai ditumbuhkan.
Kegiatan bulan Ramadhan
Pengajar yang Berdedikasi

Memperhatikan sisi internal sekolah itu termasuk juga memperhatikan tim pengajar yang disuguhkan sekolah tersebut. Kualifikasi pengajar serta karyawan di lingkungan sekolah tersebut penting loh diperhatikan. Jangan sampai anak kita salah asuh. Sekolah yang namanya bagus tentunya telah memprasyaratkan kualifikasi tinggi bagi pengajarnya. Tidak hanya itu, mereka juga membekali para pengajar dengan pelatihan bagaimana menghadapi calon-calon penerus bangsa ini agar sesuai dengan visi misi sekolah

Aktivitas di Sekolah

Setelah kita yakin dan konfiden menitipkan kesayangan ke tim pengajar PAUD, kita juga perlu tahu apa saja sih aktivitas yang akan disajikan sekolah tersebut bagi putera-puteri kita. Bagaimana caranya proses belajar mengajar bagi anak usia dini ini tidak membosankan bagi si kecil dan membuat dia kerasan dan menyukai lingkungan sekolahnya. Apalagi jika dia menghabiskan waktu dari pagi hingga sore di sekolah. Era sekarang ini penyajian aktivitas sekolah indoor musti seimbang dengan aktivitas outdoor. Aku termasuk yang meyakini saat beraktivitas outdoor kreativitas anak akan lebih terasah.

https://www.appletreebsd.com/gallery/
https://www.appletreebsd.com/gallery/waterplay-outdoor-activities/
Aku bahagia sekali jika menerima kiriman foto-foto aktivitas si kecil di sekolah bersama teman-temannya apalagi jika dalam foto tersebut terlihat senyumnya ceria dalam berbaur dengan pengajar dan temannya.

Media dan Sarana Belajar serta Bermain

Sebagai orangtua saat menitipkan buah hati di PAUD, tentu kita maunya di sekolah tersebut banyak tersedia fasilitas bermain. Melihat mainan yang banyak di PAUD jangankan si kecil, orangtua pun senang melihatnya.  Akan menjadi nilai tambah jika fasilitas yang tersedia di sekolah bukan hanya arena bermain namun juga media belajar mengasah keterampilan dan bakat si kecil.
Aku mengapresiasi sekali akan adanya sekolah PAUD yang menyediakan media  belajar musik dan seni lukis bagi anak didiknya  semacam Apple Tree Pre-School BSD. Mereka mengajarkan anak tentang kesenangan bermusik, melukis, menari, hingga bela diri dsb.

https://www.appletreebsd.com/gallery/
Oh iya, di Apple Tree BSD ini mereka sudah menerapkan multilingual, yang berdasarkan banyak artikel anak yang memiliki kemampuan multilingual akan lebih terasah kecerdasannya. Sebetulnya aku ingin sekali menitipkan si kecil di sekolah yang minimal sudah bilingual, sayangnya di kota kami domisili saat ini belum ada PAUD yang menawarkan kelebihan tersebut.

Nah, itu hal-hal penting dalam memilih PAUD. Terus pentingnya PAUD sendiri itu apa sih?

Banyak sekali manfaat atau pentingnya PAUD, bahkan telah banyak ulasan terkait pentingnya pendidikan anak usia dini. Mengutip dari website DokterSehat beberapa alasan pentingnya PAUD antara lain:

1. Bisa membentuk jiwa pembelajar sejati sejak dini
2. Mampu Bersosialisasi sejak dini
3. Mampu bekerja sama sejak dini
4. Bisa melatih konsentrasi sejak dini
5. Mampu melatih kesabarannya sejak dini
6. Tertanam rasa hormat kepada yang tua sejak dini
7. Memiliki kepercayaan diri dan harga diri sejak dini
8. Terbiasa dengan keberagaman

Dalam website kemdikbud pun juga dibahas akan pentingnya PAUD. Menurut Dr. Leonard Sagisolo, M.Pd Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting walaupun bersifat di luar sekolah karena secara tidak langsung sudah membentuk moral anak, daya pikir anak (kognitif), dan ketrampilan anak (psikomotor), dan ini mempunyai dampak yang baik bagi anak tersebut.

Aku pribadi menganggap PAUD itu penting sebagai media yang harapannya membantu pembentukan karakter yang baik bagi si kecil serta membiasakan dia bersosialisasi dan berinteraksi langsung dengan teman sebayanya dan belajar menghormati pengajar yang lebih tua sebagaimana yang telah dipaparkan mengenai kesesuaian VISI & MISI saat memilih PAUD. Adalah bonus jika disamping tujuan tersebut tercapai dia juga mendapatkan ilmu yang bermanfaat dalam menunjang kecerdasannya.

Bermain bersama teman-teman
Di tengah era digital sekarang ini kita merasakan bahwa kehidupan dimudahkan dengan gadget dan telah beketergantungan dengannya. Tidak bisa menapik bahwa sehari-hari kita banyak menghabiskan waktu depan gadget. Interaksi sosial kerap kali menggunakan media sosial bukan bertatap langsung. Dalam PAUD anak akan terbiasa bermain dan belajar bersama teman-teman, harapannya dengan demikian anak akan tahu betapa menyenangkan menghabiskan waktu bersama teman sebaya sebelum waktunya nanti dia akan mengenal gadget dan mulai mengtahui kesenangan menghabiskan waktu di depan gadget. 
Makan di sekolah bersama teman-teman
Jika kita tidak melatih dan membiarkan anak bersosialisasi serta berinteraksi sejak dini, mau jadi seperti apa calon pemimpin masa depan ini nanti? Rasa empati dan berbagai perasaan baik lainnya akan timbul seiring kegemarannya bermain dengan teman sebaya. Anak kita adalah bibit unggul yang harus dipersiapkan betul untuk menjadi zoon politikon sesungguhnya.

Tentu banyak hal positif lain yang akan anak terima di PAUD. Jangan ragu menitipkan anak di PAUD ya bund!
Mengenal nasionalisme sejak dini, mengisi momen 17-an

#appletreebsd

Tulisan ini aku rilis sebagai tantangan menyampaikan opini dalam momen blog competition yang diadakan oleh Apple Tree Pre-School BSD. Sebagai ibu yang memiliki batita aku senang dapat mengetahui program dari sekolah tersebut, informasinya bermanfaat. Oh iya, buat para bunda di area Tangerang dan sekitarnya, tanggal 7 besok mereka mau ada event seru loh..

seandainya masih di Jabodetabek kayanya aku mau ikutan acara itu deh. Sayang dilewatkan !

3 Comments