Kami yang Terbiasa dengan Sawit Menaruh Harapan




Sejak kecil aku terbiasa dengan sawit, baik tanaman ataupun olahannya. Memiliki tanaman sawit di pekarangan rumah merupakan hal yang biasa dijumpai di perkampungan Sumatera. Suatu hari pada masa kanak-kanak aku bermain bersama teman yang mempunyai tanaman sawit di depan rumahnya, kami memetiknya sebagai bahan mainan. Sepulang bermain, buah sawit tadi aku timbun di pekarangan rumah. Beberapa waktu kemudian tumbuh tunas dari sawit tersebut. Sayangnya, tunas itu dicabut oleh ayah saat tingginya 1 meter karena tempat tumbuhnya perlu untuk renovasi rumah. Begitulah sawit sangat cocok dengan karakter tanah disana. 

Hari ini, Sumatera dan Kalimantan tengah dilanda kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Terlepas ada tidaknya andil sawit pada karhutla, tidak bisa menapik pengaruh sawit hingga ranah primer kita. Sawit memberikan manfaat dari ujung daun hingga ujung akar. Yuk simak! #BicaraSawit

Bahan Dasar Minyak Goreng

sumber: https://www.bristolzoo.org.uk
Minyak kelapa sawit mendominasi pasar dan kita terbiasa menggunakannya untuk menggoreng. Minyak kelapa sawit mengandung lemak jenuh dan tak jenuh, vitamin A & E, serta antioksidan tokoferol yang dibutuhkan tubuh. #SawitBaik

Terkandung dalam Produk Konsumsi Harian

Minyak kelapa sawit menopang aktivitas keseharian kita sejak bangun tidur. Sabun, shampoo, pasta gigi, dan deterjen yang kita gunakan setiap hari mengandung minyak kelapa sawit dalam komposisinya. Beberapa kosmetik pun mengandung ekstrak kelapa sawit yang lebih bagus dibanding bahan sintetis yang sulit terurai. #SawitBaik

Umbut, Santapan Lezat dari Batang Sawit

sumber: https://dapurmamih.com
Salah satu makanan khas daerahku ialah gulai umbut. Umbut terletak di dalam batang bagian atas dekat bonggol daun. Gulai umbut merupakan santapan wajib dalam setiap hajatan pernikahan di kampungku. #SawitBaik


Daun untuk Pakan ternak

Dedaunan sawit dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak. Dedaunan ini diolah dengan cara dihancurkan kemudian dicampurkan dedak dan garam, diberi air dan dilakukan fermentasi kurang dari seminggu. Telah terbukti di beberapa peternakan sebagai alternatif pakan sapi.

Limbah Padat sebagai Pupuk

Limbah padat kelapa sawit dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran pupuk kompos. Pada penelitian yang dilakukan oleh Politeknik Pertanian Negeri Samarinda menunjukan pupuk kompos dengan memanfaatkan limbah padat sawit ini memenuhi standar mutu pupuk organik.

Limbah Cair untuk Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg)

Limbah cair kelapa sawit yang dihasilkan selama proses produksi dikenal dengan POME (palm oil mill effluent). POME yang didiamkan akan menghasilkan biogas yang dapat diubah menjadi listrik. Total seluruh kapasitas olahan sawit di Indonesia menghasilkan POME hampir 500 juta L/hari yang menyimpan potensi listrik melebihi 1 GWe.

PLT Biogas (POME) di area Pabrik Kelapa Sawit PTPN V di Riau

Sawit yang Berkelanjutkan untuk Indonesia Maju

Indonesia merupakan penghasil sawit terbesar dunia, dan sawit merupakan penyumbang devisa terbesar. Tahun 2017 lebih dari 6% daratan Indonesia tertutupi oleh perkebunan sawit. Swasta mendominasi pengelolaan perkebunan sawit, hanya 6% yang dikelola negara, dan 39% dikelola langsung oleh rakyat.

Jika luas perkebunan sawit ini meningkat menjadi 10% daratan tanah air tentu akan menuai pro-kontra, terlebih pasca kebakaran hutan. Membakar lahan adalah sebuah cara instan yang tidak relevan dengan kemajuan teknologi selain juga membahayakan. Korporasi mustinya mengalokasikan untuk konservasi lingkungan dan teknologi ramah lingkungan. Perkebunan sawit perlu menggandeng para peneliti terkait optimalisasi dan penjagaan lahan. Diakui sawit ini baik, tinggal bagaimana aturan dan penegakannya lebih memperhatikan warga dan lingkungan.

Pengelolaan sawit yang berkesinambungan dengan menjadikan perkebunan sawit terintegrasi pembangkit listrik tenaga biogas dan pabik pupuk adalah sebuah harapan. Sawit memainkan peran utamanya memproduksi consumer goods, ampas cairnya dibuatkan PLTBg menghasilkan listrik untuk pabrik dan penduduk sekitar, ampas padatnya menjadi campuran pupuk kompos untuk menyuburkan pertanian.


Dengan demikian sawit semakin menghasilkan dan menyumbang peran dalam penggunaan energi baru dan terbarukan serta ikut memenuhi kebutuhan pupuk bagi negara agraris ini. Sawit menjadi penyokong perekonomian dan kehidupan bangsa dalam berbagai sektor. Sawit kuat Indonesia hebat.

2 Comments