Bekerja di Oil & Gas Industry (Part-3), Kontribusi untuk Kilang di Pesisir Selatan Jawa


source picture: mapio.net

Asisten Planner Instrumen, PT Pertamina (Persero) RU IV, September 2018 s/d sekarang

Setelah setahun menjadi full time mum bagi putraku, aku memutuskan kembali bekerja. Aku Mendapat kesempatan berkontribusi di RU IV Cilacap. Aku disini sebagai karyawan temporer yang kontrak kerjanya dibawah koperasi pegawai pertamina.

Alhamdulillah aku bersyukur keluar dari hiruk pikuk Jakarta, dan dapat melihat kilang secara langsung. Salary yang diberikan menurutku sangat cukup untuk harga kebutuhan di Cilacap dan load kerjanya paling ringan dibanding 2 tempat kerjaku sebelumnya. selain itu juga diberikan seragam, helm, kacamata, sepatu lapangan, jas hujan, tentunya THR, ada juga tunjangan jika cuti tidak digunakan. sayangnya tidak ada asuransi kesehatan yang diberikan.

Alhamdulillah aku belum pernah merasakan lembur disini. Padahal di Tripatra pulang jam 8 malam itu biasa, di SAS pernah sudah sampai rumah aku disuruh kembali ke kantor.

Disini aku belajar hal-hal baru, budaya kerja baru, termasuk belajar bahasa ngapak.
planner inst ru4

Sebagai karyawan temporer aku tidak bertanggung jawab langsung atas pekerjaanku ke Pertamina, aku sebatas support tim plannernya. Aku membantu menyiapkan dokumen-dokumen sebelum masuk ke pengadaan, yang disini disebut KAK (kerangka acuan kerja), serta RAB (rencana anggaran biaya), serta OE (owner estimate). Ruang gerakku terbatas.

Disini juga menggunakan aplikasi SAP sebagai sistemnya, fortunately aku pernah terbiasa menggunakannya di Tripatra. Menurutku plat merah ini administrasinya tidak seluwes perusahaan swasta dan boleh dibilang ruwet.

Para atasanku disini sangat baik.

Teringat atasan, membuatku mengingat atasan pertamaku di Tripatra, Pak APW. Kata orang pola kita kerja biasanya sedikit banyak meniru style atasan pertama. Pak APW mendidikku dengan keras hingga 3x kali aku sampai meneteskan air mata di ruangannya. Tapi dari nya lah aku paling banyak belajar. Dia juga memberi kepercayaan kepadaku dalam pengambilan keputusan dan mengeksplorasi kemampuanku.

yaa semua punya plus minus.

3 Comments