Mereka Menginspirasiku


dalam hidup ini sering kali kita menjumpai orang-orang yang menarik baik personal ataupun mendengar kisahnya yang kemudian menimbulkan kekaguman dan menjadi inspirasi bagi kita. beberapa sosok berikut memberikan insiprasi dari sudut pandangku.

MARCOPOLO
ini betul-betul nama yang melegenda. caption header blogku ini sangat terinspirasi olehnya. aku ingin seperti Marcopolo yang menjelajahi dunia dan menemukan hal-hal baru. aku berharap Ibro nanti mengikuti jejaknya, menjadi seorang traveller.
tapi apakah perjalanan Marcopolo yang membuatnya melegenda? bukan, tulisannya lah yang melegendakannya. yang membuat orang mampu menikmati juga pertualangan yang telah ia lalui, yang ia kemas dengan bumbu-bumbu pada tulisannya yang menggugah rasa ingin tahu pembacanya.
pada jamannya, Marcopolo berjalan dari barat ke timur. bagaimana kalo aku berjalan dari timur ke barat? kemudian ke utara lalu ke selatan, menjelajahi seluruh mata angin, amiin

AMIEN RAIS
di tengah gonjang ganjing politik Indonesia sekarang karena pilpres 2019, nama beliau begitu kontroversial. dua kubu saling tuding dan saling menjatuhkan, saling menjelek-jelekan lawan.
sebagai rakyat yang merupakan objek politik, aku cuek saja orang menjelekan kedua capres, tapi aku ngedumel sendiri ketika membaca atau mendengar orang menjelekan pak Amien.
dari semua tokoh politik, aku kagum dengan beliau.
karir politik tertingginya sebagai ketua MPR. saat itu aku masih SD. aku sudah ingat, sering melihatnya di TV, maklum ayahku suka memutar program berita.
beliau juga seorang guru besar dari kampus almamaterku.
beliau juga pernah menjadi ketua umum Muhammadiyah, dimana aku saat kuliah aktif di organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) UGM.
jadi ada lah benang merah yang membuatku mengidolakan beliau.

Prof Amien, tentunya beliau orang cerdas, orang yang tau teori, orang yang tau praktek, dan orang yang tau agama. berapa tahun beliau menggeluti dunia perpolitikan? jangan-jangan dari sebelum para komentator dunia maya hadir di dunia nyata beliau sudah mempelajari dan menyelami dunia politik.

menurutku, politik adalah dunianya. mungkin beliau sangat mencintai perpolitikan, dan mungkin juga beliau itu seorang yang keras kepala dengan pola pikir dan pemikirannya. 
dibayanganku seperti ini, jika yang dikejarnya itu kekuasaan dan materi, beliau itu pernah MPR 1 dan menjadi penggerak reformasi yang notabene membuktikan beliau pernah menjadi influencer, jadi bukan itu yang dikejarnya. di usianya yang sudah lanjut dan pernah menorehkan eksistensi politik dengan riwayat yang bagus, beliau muncul ikut bergerak aktif dalam politik yang menimbulkan banyak kecaman buat beliau sendiri, berati kan ada yang menurutnya di perpolitikan negara ini tidak sesuai dengan kondisi ideal berdasar pemikirannya.

aku mendoakan kebaikan untuk beliau atas dedikasinya.

ZAINUDDIN MZ
pendakwah semua kalangan, dari presiden hingga rakyat biasa.
menjelang maghrib, di masjid rumah Bengkulu selalu diputar rekaman ceramah dai sejuta umat ini. alhamdulillah speaker masjid menggema dengan volume keras hingga dapat didengar di rumah-rumah penjuru RT. walaupun ceramahnya diputar berulang-ulang, tetap saja menentramkan saat mendengarnya.
cara alm berdakwah, bahasa alm dalam mendakwah. suaranya yang lantang, tidak ada unsur judging atau menghakimi personal, bukan bahasa menggurui, direspon juga dengan suara jamaah, rasanya sangat komunikatif, inspiratif, dan tersalurkan hikmah dan pesan dari dakwahnya.


METY YUSANTIATI
aku mengetahui sosok bu Mety, dirut TICMI, pada saat aku mengikuti seleksi CMPDP tahun lalu (http://praftiwi.yolasite.com/blog/cmpdp-2018-bukan-jalanku)
baru kali itu aku mengikuti seleksi perekrutan yang oleh panitia seleksi para pesertanya dibuatkan grup WA agar dapat saling komunikasi dan dikoordinir. tidak hanya para panitia, tapi bu Dirut juga aktif di grup WA tersebut. sebuah metode seleksi yang unik, yang membuat pendekatan personal. peserta pun diminta memfollow akun TICMI di berbagai sosial media. dilalah tak hanya akun TICMI yang aku follow, namun juga akun instagram bu Mety.
aku belajar banyak hal dari postingan bu Mety di instagramnya. aku menyukai penyampaian dan bahasa yang positif. terkadang beliau membuka Q&A. terkadang beliau memberikan quotes yang ringan. yang sangat membekas di kepalaku ada satu jawaban Q&A yang intinya menjadi direktur adalah beyond ekspektasi beliau, dibayangannya dulu karir beliau ujungnya mungkin sebatas sekretaris direktur, tapi usaha tidak mendustai hasil.
aku menikmati pula postingan perjalanan pejabat TICMI ini ke berbagai belahan bumi, ekspresi si ibu lepas tidak jaim.  terkadang juga beliau memposting kebersamaan di keluarganya, yang seolah beliau juga memainkan perannya sebagai istri dan ibu. sosok wanita yang mengagumkan, pemimpin idola & panutanku.

STEVANUS K NUGROHO
ini sosok seumuran yang sangat membuat aku salut. aku mengenal kris di tahun 2008 saat sama-sama mengikuti Pelatnas IOAA (International Olympiad in Astronomy & Astrophysic) di Bandung.
prestasinya yang membuat aku kagum. mungkin banyak temanku lainnya yang berprestasi, tapi kenapa prestasi kris yang aku highlight? karena impian-impan yang buatku sebatas mimpi yang won't be come true, tapi buat dia it has come true.
dia S-1 di ITS, kemudian melanjutkan ke Jepang, dan kayaknya sekarang sudah lanjut lagi di UK deh.
dulu aku sangat ingin kuliah di Jepang, Jepang adalah kiblat impianku. tamat SMA aku mengikuti seleksi monbukagakusho namun gagal di tes tulis. aku pernah gagal untuk study di Jepang, dan kris sudah menyelesaikan study di Jepang.
berandai-andai dulu lolos monbukagakusho dan kuliah di kyoto univ, aku bermimpi untuk kerja di JAXA. sekarang buatku itu sebatas mimpi, tapi kris sudah berinteraksi dengan segilintir orang JAXA.
Mauna Kea, tempat keberadaan observatorium tertinggi dunia yang pernah ada dalam bucket list ku, dan kris sudah kesana! dengan membawa sebuah assignment, how awsome is that! aku bertanya-tanya apakah aku akan bisa kesana suatu hari nanti? tapi bagaimana caranya dan bagaimana aku masuk kesana? haruskah aku hapus mauna kea dari bucket list ku.

itulah beberapa orang yang inspiratif buatku, tentu masih banyak lainnya. mengulas mereka mengingatkanku untuk tidak menjadi katak dalam tempurung. karena dunia ini luas dan banyak sekali hal-hal besar di luar sana. aku tidak ingin menjadi katak dalam tempurung.

0 Comments